Bondek

Bondek
KategoriBondek
Di lihat485 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang
021 - 86617388
0878 8444 0006
0821 2676 6662
2B3AD260
eraindobangunan@gmail.com

Bondek merupakan lembaran baja yang di Hot Dipped Galvanized berbentuk plat gelombang, yang terbuat dari baja structural bermutu tinggi dengan high-tensile steel JIS G3302 SGCC. Bondek mempunyai tegangan tarik / Tensile Streght 480 Mpa sampai dengan 550 Mpa ( G480 – G550), dan mempunyai fungsi rangkap sebagai bekisting tetap dan sebagai penulangan searah (positif).

Untuk rumah di lahan terbatas, menambah ruang biasanya dilakukan dengan cara meningkat bangunan. Penambahan ruang ini dimulai dengan membuat plat lantai yang umumnya disebut ngedak atau membuat dak. Dak ini merupakan landasan pijakan orang ketika berada di lantai atas. Secara struktur, lantai ini menerima beban dari benda-benda di atasnya, karena itu tentunya harus aman. Untuk itu diperlukan material yang kuat dan aman.

Pembuatan dak dengan cara cor konvensional sangat merepotkan. Pemasangan kayu untuk bekisting dan pengecoran beton tentunya memakan waktu lama sehingga mengganggu aktivitas penghuni di ruang bawahnya.

Baja Ringan Bergelombang

Ada cara lain yang lebih praktis untuk membuat dak lantai atas, yaitu menggunakan plat metal (bondek). Material seperti ini contohnya adalah Floordeck FD-600 yang terbuat dari baja ringan yang kuat dengan ketebalan 0,75 mm, lebar 600 mm. Panjang plat bisa dipesan sesuai kebutuhan. Panjang maksimal yang dianjurkan adalah 12m dengan pertimbangan kemudahan pemasangan transportasi.

Bentuk plat metal (bondek) yang bergelombang dan memiliki tonjolan yang miring seolah menjadi “rusuk” yang menambah nilai positif plat metal (bondek) ini. Tonjolan ini memberikan sifat monolit atau kekuatan yang terintegrasi dengan baik antara plat metal (bondek) dengan beton yang dicor di atasnya. Jadi, plat metal (bondek) ini memiliki dua fungsi, yaitu sebagai bekisting dan tulangan positif satu arah. Artinya, begitu plat baja dicor dan mengering, maka beton akan menyatu dengan material baja sebagai tulangan yang kuat.

Hemat Bekisting

Saat pemasangan plat metal (bondek), tiang bekisting untuk sementara tetap dibutuhkan, tapi jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan jika menggunakan dak beton konvensional. Sebagai pembanding, jarak antar kayu bekisting cukup 2 m, sementara pada pembuatan dak beton konvensional jarak normalnya 60 cm.

Selain kuat, pemakaian plat metal (bondek) untuk dak ini juga diperhitungkan lebih murah dibanding ngedak secara konvensional. Contoh : pembuatan dak ukuran 2m X 4m jika menggunakan cara konvensional terbebani biaya Rp 4.508.000 per m³. Sedangkan jika menggunakan plat metal (bondek) biayanya Rp 3.015.000 per m³. Artinya, bisa hemat sekitar Rp 1,5 juta.

Apa itu Bekisting ?

Bekisting adalah cetakan sementara yang berguna untuk membentuk dan menahan beton ketika dicor. Bekisting terdiri dari papan yang dibentuk sesuai bentuk beton yang diinginkan dan tiang-tiang penyangga. Setelah beton mengeras, bekisting akan dilepas. Bekisting dapat terbuat dari kayu ataupun besi.

Dak Sekaligus Plafon

Jika menggunakan dak metal (bondek), bagian bawahnya bisa diekspos (dibiarkan dalam tampilan aslinya tanpa perlu dilapisi material lain). Bagian ini akan menjadi plafon lantai satu. Tampilannya yang berupa metal bergelombang, membuat ruang terlihat unik. Inilah  sisi praktis lainnya jika menggunakan plat metal (bondek)sebagai dak. Sebuah langkah penghematan telah Anda lakukan.

Gunakan Sofware Khusus

Jika Anda memutuskan menggunakan plat metal (bondek), pilihlah produsen yang terpercaya. Karena produsen ini bisa membantu mendesain dan menghitung kebutuhan materialnya secara tepat dengan menggunakan software khusus.

Cara Pemasangan Plat Metal (Bondek)

Cara pasangnya sangat sederhana. Setelah lembaran baja terpasang pada rangka struktur, dilanjutkan dengan memasang wiremesh di atas plat metal (bondek) untuk membentuk plat lantai. Pekerjaan berikutnya adalah pengecoran. Tebal plat lantai berkisar 12 cm karena beton mengisi plat dan rongga atau gelombang setebal 7 cm ditambah beton cor menutupi wiremesh hingga setebal sekitar 5 cm.

 

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
  • Bondek